3 Kelebihan dan 5 Kekurangan Menggunakan Template AMP di Blog

3 Kelebihan berikut 5 kekurangan template AMP Blog dan Website Mas Rinaldo

Apa saja 3 Kelebihan Berikut Kekurangan Dari Template AMP - AMP (Accerelated Mobile Pages) dapat diartikan secara singkat "Halaman Selular yang di Percepat",AMP ini merupakan sebuah terobosan dari Google sejak tahun 2016 lalu. Yang dapat diterapkan pada template Blogger guna untuk meningkatkan kinerja dan performa Blog agar lebih maksimal di perangkat Mobile atau Smartphone,baik secara Tampilan dan terutama adalah Kecepatan.

Meskipun Fitur ini sudah cukup lama rilis di Google dan sudah banyak juga yang menyediakan Template AMP Premium sampai Gratis yang bisa sobat dapatkan di Google, tetapi belum begitu banyak para Blogger yang menggunakan Template AMP ini dan menerapkan pada Blog-blognya. Karena untuk menerapkan AMP ini cukuplah rumit,mulai dari membuat postingan yang bermuat gambar dan memasang iklan. Belum lagi pada fitur komentar yang hanya dapat menggunakan Disqus dan Facebook saja,AMP ini tidak bisa menggunakan Komentar Blogger.

Dari sebagian kerumitan tersebut,fitur AMP ini yang membuat susah naik daun di kalangan Blogger dan Fitur AMP ini biasa digunakan para Blogger Menengah ke atas,seperti Situs Berita dan Toko-toko online.

Lalu Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dari Template Blog AMP Ini ?


Kenapa AMP ini sulit untuk diterapkan atau dipakai Blogger pemula seperti Mas Rinaldo atau yang baru mengenal Blogger,meskipun Fitur pada Template AMP ini berpengaruh besar pada kecepatan Blog dan Sobat juga dapat mengetahui Blog atau Website yang menggunakan Template AMP ketika sedang berada di mesin pencarian dan terdapat logo petir sebelum link halaman.

1. Kelebihan Template AMP pada Blog

  • Kecepatan Loading Halaman
Keunggulan dengan menggunakan Template AMP ini adalah kecepatan Loading halaman yang begitu cepat dan bahkan bisa dibilang Instan pada perangkat Mobile atau Smartphone. Karena sesuai arti dari AMP itu sendiri,yang berarti Halaman Mobile yang di Percepat.

Tanpa menggunakan template AMP pun sobat bisa meningkatkan kecepatan Blog dengan Baca Cara meningkatkan Kecepatan Loading Blog Tanpa AMP

  • Kecepatan di Index Google
Dengan kecepatan loading halaman yang instan tersebut,tentunya artikel yang sobat posting tersebut pasti akan menjadi cepat terindex Google. Karena Template yang digunakan adalah salah satu faktor kecepatan terindexnya artikel sobat (Baca Agar Artikel Cepat Terindex Google) dan bahkan ada yang mengatakan,hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja agar postingannya terindex google dengan menggunakan Template AMP.

  • Meningkatkan Ranking Blog
Jika sobat menggunakan Template AMP,tentunya artikel akan mudah terindex google dan speed Blog pun akan menjadi cepat, yang berpengaruh pada Skor SEO Blog sobat. Karena Blog yang sudah menggunakan template AMP ini mendapatkan nilai lebih di mesin penacarian Google dibandingkan Blog atau Web lainnya yang belum menggunakan Template AMP. Dari kecepatan terindex dan kecepatan loading pada Blog,tentunya pengunjung Blog sobat akan menjadi ramai dan dapat meningkatkan Ranking Blog sobat

2. Kekurangan Template AMP pada Blog

  • Fitur Komentar
Ketika sobat menggunakan Template AMP,sobat tidak bisa menggunakan komentar bawaan dari Blogspot sebagai media Sosialisasi. Tetapi hanya bisa menggunakan komentar dari Disqus dan Facebook saja.

  • Tampilan Blog
Blog yang menggunakan Template AMP,tentunya akan lebih terlebih lebih sederhana atau simple. Karena AMP tidak mendukung Javascript dan Styl External pada HTML,ini mungkin yang menyebabkan Kecepatan Loading Blog menjadi lebih cepat bahkan instant.

  • Membuat Postingan
Untuk melampirkan gambar di template Blog biasa,sobat hanya mengupload dan bisa langsung di Posting. Berbeda jika sobat menggunakan template AMP,untuk memposting sebuah gambar. Sobat perlu melakukan edit HTML dan setting lainnya pada gambar yang diupload,agar menjadi Valid AMP.

  • Pengulangan Pertinjauan
Begitu juga ketika sobat membuat sebuah artikel pada Template AMP,untuk menghindari terjadi Error pada Plugin Browser. Sobat perlu melakukan Pertinjauan berkali-kali agar tidak terjadi error. Berbeda jauh bukan,ketika sobat membuat artikel dengan menggunakan Template biasa sobat dapat langsung mempublikasikan dan melakukan pertinjauan hanya untuk memastikan artikel sudah rapih dan tidak ada yang salah.

  • AMP Berbayar dan Gratis
Untuk mendapatkan Template AMP ini,sobat perlu mengeluarkan Biaya. Karena di Blogspot sendiri belum tersedia Template bawaan Bloggspot Support AMP dan juga belum begitu banyak yang Membagikan Template AMP secara Gratis,meskipun ada juga hanya beberapa saja. Tentunya juga sobat harus belajar Cara Menerapkan dan Setting Template AMP tersebut di Blog sobat.


Terima kasih sudah berkunjung di artikel "3 Kelebihan dan 5 Kekurangan Menggunakan Template AMP di Blog" yang mudah-mudahan menjawab semua yang sobat cari pada Mesin Pencarian Google. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel masrinaldo.com diatas,mohon sobat untuk membantu memperbaiki dan menambahkan yang kurang pada Komentar dibawah.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post