5 Cara Optimasi Gambar (Foto) Blog Agar Seo Friendly

Cara Optimasi Gambar atau Foto Artikel Blog adalah Cara Mengoptimalkan Gambar Menjadi Seo Friendly
Melakukan Optimasi Gambar di artikel maupun Thumbnail Blog ini dapat berpengaruh pada Kecepatan Loading sobat. Karena Cara Optimasi Gambar (Foto) Blog agar Seo Friendly ini dapat diterapkan ketika sobat sedang membuat artikel sebelum diposting yang cukup bermanfaat untuk mendapatkan View dari Gambar Google.

Pengindexan atau Perayapan Google tidak hanya merayapi text artikel saja,tetapi Gambar yang terdapat didalam artikel tersebut pun akan ikut dirayapi. Itu adalah pokok pembahasan dari artikel masrinaldo.com yang dibuat ini,yaitu mengoptimalkan gambar yang diposting. Ketika Gambar yang sudah dioptimalkan tersebut sudah terindex,tentunya akan mendapatkan view dari Google Image. ketika pengguna Google sedang mencari Gambar dan kata kunci yang ditelusuri mencangkup kata kunci yang sudah dioptimasi seo Secara Otomatis.

Sebelumnya sobat pastikan bahwa gambar yang digunakan adalah hasil buatan sendiri atau bebas Hak Cipta, jika sobat tidak bisa membuat gambar sendiri karena faktor-faktor tertentu. Sebaiknya sobat jangan asal mengambil dan memakai gambar milik orang lain, sobat bisa Mencari Gambar Bebas Hak Cipta Secara Gratis. Karena Jika sobat sudah Mengoptimalkan Gambar,tetapi gambar tersebut tedapat Hak cipta. Tentu usaha sobat akan menjadi sia-sia dan bahkan bisa terkena DMCA dari Google.

Cara Optimasi Gambar di Artikel Blog


1. Meminimalkan Ukuran File Gambar

Dengan meminimalkan ukuran File Gambar sebelum diupload di artikel adalah cara terbaik. Karena kalau ukuran File gambar yang terlalu besar,akan berpengaruh pada kecepatan Loading Blog yang akan menjadi lama terbuka. Ukuran File gambar yang biasa saya upload biasanya kurang dari 15kb dan akan semakin Bagus kalau sobat dapat mengupload gambar dengan ukuran dibawah 10kb atau lebih kecil lagi. Sobat bisa Kompress gambar yang sudah dibuat dengan situs yang menyediakan layanan Kompress gambar yang tersedia di mesin pencarian Google.

2. Menentukan Panjang dan Tinggi Gambar

Buatlah Panjang dan Tinggi gambar sesuai dengan template yang digunakan,jangan membuat gambar yang terlalu panjang dan tinggi. Karena itu akan mempengaruhi ukuran file gambar itu sendiri,seperti gambar yang digunakan Mas Rinaldo ini adalah 600x300 Pixel dengan Desain buatan sendiri dan seadanya saja yang menghasilkan ukuran file gambar yang memuaskan. Sobat bisa membuat Panjang dan tinggi dengan ukuran :
  • Layout Template 1 Kolom : 700x360px (Pixel) atau sobat bisa menggunakan 600x400px (Pixel)
  • Layout Template 2 Kolom : 600x400px (Pixel) atau menggunakan 600x320px (Pixel)
  • Layout Template 3 Kolom : 300x250px (Pixel)
 

3. Memberikan Nama File Gambar

Ketika sobat menyimpan sebuah gambar yang dibuat atau didapat,sebagai pemanis sekaligus penjelas dari sebuah artikel yang akan dibuat. Pastikan sobat tidak memberikan nama File dengan asal-asalan dan memberikan nama yang tidak sesuai dengan topik dari artikel yang akan dibuat. Karena sobat akan Merayapi dari nama file tersebut,bukan dari tampilan gambar.

Misalkan sobat membuat artikel mengenai Optimasi Gambar,maka buatlah nama file tersebut seperti "cara-optimasi-gambar-jadi-seo" dan gunakan tanda Strip (-) sebagai pengganti sepasi atau penghubung kata untuk Optimasi Gambar atau Foto yang akan di Upload.

4. Memakai Format Gambar Yang Benar

Format file gambar yang dapat diupload adalah JPEG/JPG, PNG dan GIF. Dan format gambar yang biasa gunakan Blogger Pemula pasti JPEG atau JPG,termasuk saya dulu menggunakan Format gambar tersebut.
  • Menggunakan JPEG atau JPG ini berguna untuk menjaga kualitas gambar ketika diupload ke Blog dan jujur saya baru mengetahui dengan membuat artikel ini,yang sebelumnya saya hanya membuat dan upload gambar saja menggunakan format JPG.
  • Menggunakan Format GIF memang sobat mendapatkan ukuran gambar yang kecil,tetapi GIF ini biasa digunakan untuk menampilkan seperrti icon dan tidak disaran untuk digunakan sebagai media penjelasan suatu artikel. Karena Gif akan memiliki ukuran file yang cukup besar dan kualitas yang kurang.
  • Format gambar yang sekarang saya gunakan adalah PNG,yang merupakan saran dari rekan-rekan di Group dan membaca dari blog-blog lainnya. Karena dengan menggunakan format gambar PNG ini,sobat bisa mendapatkan ukuran File gambar yang relatis rendah atau kecil dan tanpa penurunan kualitas yang drastis.


5. Menggunakan Atribut ALT Gambar

Cara yang terakhir ini termasuk cara yang sering diabaikan ketika menggunakan gambar. Sedangkan Tag Alt ini sangat bermanfaat,mulai dari pendukung kata kunci artikel sampai Sebagai judul dan deskripsi Gambar di Google Image. Tag Alt ini juga berfungsi sebagai alternatif apabila ada kesalahan ketika membuka gambar,maka Tag Alt akan berfungsi menggantikan kesalahan gambar tersebut, Yang disisipin Kata Kunci utama yang berguna menarik pengunjung dari Google Image.


Kesimpulan :
Masrinaldo.com sudah mengunakan 5 Cara Optimasi Gambar di Artikel Blog agar Seo Friendly dan memang terbukti Blog akan menjadi ringan dan artikel beserta gambar yang ada pun cepat terindex di Google. Dan tentunya akan meningkatkan penilaian Blog sobat di Pencarian Google dengan Mengopotimalkan Gambar di Artikel Blog agar Seo yang dapat menarik pengunjung organik. Sobat bisa lanjut membaca Bagaimana Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post