Pengertian Hosting,Domain dan Server Beserta Jenis-Jenisnya

Didunia internet memiliki begitu banyak istilah dan sebutan,yang diantaranya adalah Server Hosting dan Domain. Namun apakah sobat tahu Pengertian dan Perbedaannya dari Ketiga istilah tersebut,yang sudah sering sobat dengar ketika berbicara seputar Blog dan Website. Seperti yang akan dibahas pada Artikel masrinaldo.Berikut adalah Penjelasan Mengenai Hosting,domain dan Server.Hosting adalah sebuah halaman online atau website untuk menyimpan data.Server adalah Sebuah Perangkat pendukung Hosting yang berguna mengatur penyimpanan data dan informasi.Domain adalah sebuah nama unik pengganti IP (Internet Protocol) yang diberikan Pemilik Blog atau Website untuk mengidentifikasi ke server.Demikian pembahasan dari masrinaldo.com mengenai "Pengertian Hosting,Domain dan Server beserta Jeni-jenisnya" yang merupakan ketiganya saling berkaitan walaupun berbeda pengertian,dimana menurut saya "ketika sobat melakukan Hosting untuk menyimpan sebuah file yang kemudian akan ditampilkan berbentuk halaman online atau Website,dan Website tersebut diberikan sebuah Domain agar dapat diakses atau dilihat oleh pengguna yang akan di proses oleh server".
Didunia internet memiliki begitu banyak istilah dan sebutan,yang diantaranya adalah Server Hosting dan Domain. Namun apakah sobat tahu Pengertian dan Perbedaannya dari Ketiga istilah tersebut,yang sudah sering sobat dengar ketika berbicara seputar Blog dan Website. Seperti yang akan dibahas pada Artikel masrinaldo.

Berikut adalah Penjelasan Mengenai Hosting,domain dan Server :


1. Hosting

Hosting bisa diartikan sebuah kegiatan untuk menyimpan berbagai data seperti text,video,file,foto dan sampai dokumen penting lainnya secara Online dengan tujuan agar dapat diakses oleh banyak pengguna yang kemudian data tersebut di tampilkan berupa Website atau halaman online.

Hosting memiliki beberapa jenis,yang diantaranya adalah :
  • VPS Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Shared Hosting

2. Server

adalah sebuah sistem komputer yang bekerja menyediakan layanan tertentu untuk client-clientnya yang mencakup suatu jaringan,layanan yang biasa disediakan server adalah berupa data informasi. Yang kemudian server memberikan informasi tersebut kepada client yang terhubung pada server,dimana server tersebut tentunya akan didukung oleh Ram,Hard Drive dan Prosesor untuk menjalankan permintaan atau perintah dari Clientnya.

Server juga memiliki berbagai jenis,yang diantaranya adalah :
  • FTP (File Tranfer Protocol) Server : Adalah server yang mengatur transfer data dalam jaringan.
  • Telnet Server : Yang mengatur akses awal keluar masuk di perangkat server.
  • Virtual Server : Mengatur server menjadi beberapa server.
  • Website server : Halaman online yang digunakan untuk menyimpan data dan Berkomunikasi melalui Https.
  • Mail Server : Sebuah server yang digunakan untuk menyimpan surat digital

Contoh Dari Cara Kerja dari Server adalah ketika kamu mencari sesuatu di Mesin pencarian Google atau sejenisnya dengan mengetikan sebuah perintah untuk dikirim ke server Google,lalu Google memberikan dan menampilkan data tersebut.

3. Domain

Domain adalah sebuah nama yang diberikan pemiliknya untuk halaman online, Baik Blog maupun Website. Berguna untuk mengidentifikasi sebuah halaman online server yang digunakan sebagai pengganti IP agar lebih mudah untuk mengingatnya dan mudah diakses oleh pengunjung halaman tersebut.


Kesimpulan :
  1. Hosting adalah sebuah halaman online atau website untuk menyimpan data.
  2. Server adalah Sebuah Perangkat pendukung Hosting yang berguna mengatur penyimpanan data dan informasi.
  3. Domain adalah sebuah nama unik pengganti IP (Internet Protocol) yang diberikan Pemilik Blog atau Website untuk mengidentifikasi ke server.
Demikian pembahasan dari masrinaldo.com mengenai "Pengertian Hosting,Domain dan Server beserta Jeni-jenisnya" yang merupakan ketiganya saling berkaitan walaupun berbeda pengertian,dimana menurut saya "ketika sobat melakukan Hosting untuk menyimpan sebuah file yang kemudian akan ditampilkan berbentuk halaman online atau Website,dan Website tersebut diberikan sebuah Domain agar dapat diakses atau dilihat oleh pengguna yang akan di proses oleh server".

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post