Bagaimana Cara Blogger Menulis Artikel Yang Berkualitas dan Baik

Bagaimana Cara Blogger Menulis Artikel yang berkualitas dan artikel yang baik di blog
Bagaimana cara blogger menulis artikel yang berkualitas dan baik Meskipun Mas Rinaldo masih belajar juga Menulis postingan untuk blog,tetapi semoga sobat yang telah membaca ini mendapatkan ide baru ketika ingin menulis artikel yang berkualitas dan baik. Karena setiap orang yang baru memulai Blog dan membuat sebuah postingan,pasti bingung untuk mengeluarkan yang ada dipikiran dalam bentuk kata-kata yang disusun agar terbentuk kalimat dan paragraf.

Dan juga saya di support dari hobi saya ketika waktu sekolah SMA,yaitu dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Mulai dari penggunaan bahasa yang baku,tanda baca dan sampai saya juga hobi mengarang atau membuat cerita. Berikut adalah

7 Tips Cara Menulis Menulis Artikel Blog Yang baik

Diartikel mas rinaldo ini bukan bermaksud untuk mengajarkan,tetapi hanya berbagi pengalaman ketika sedang menulis artikel yang biasa saya pakai untuk membuat postingan yang Baik di blog. Karena saya juga termasuk masih belajar dan baru di dunia Blogging.

1. Gaya Bahasa Sendiri

Ketika menulis,ikuti gaya bahasa sobat sendiri kalau tidak mengerti penggunaan bahasa yang baku dan benar. Tetapi menggunakan gaya bahasa sehari-hari disini bukan berarti menggunakan bahasa daerah full artikel. Melainkan mengguakan bahasa indonesia yang umum saja, agar pengunjung blog juga tetap mengerti dan menggunakan bahasa daerah hanya digunakan beberapa kata saja yang disertakan dengan arti bahasa indonesianya. (Baca Cara Mencari Ide Postingan Blog)

2. Paham Dari Topik Yang akan di Tulis

Sobat tidak memahami apa yang akan ditulis,bagaimana sobat membuat artikel yang berkualitas dan memakai gaya bahasa sendiri. Tetapi kalau sudah paham dari topik yang akan dibuat,sobat bisa mengurai dan menjelaskan lebih detail lagi dari 1 kalimat bisa merubahnya menjadi 2 kalimat atau lebih. Dan bahkan bisa menambahkan opini dari sobat sendiri.

3. Pembukaan Artikel Jangan Terlalu Banyak

Dinegara indonesia ini sudah banyak yang mengatakan kalau negara kita ini termasuk negara yang minim atau kurangnya budaya membaca. Jika pengunjung mencari sesuatu di blog atau website,pasti pengunjung akan mencari pokok permasalahan dan solusi dari yang dia cari.

Jadi dapat disimpulkan kalau membuat pembukaan artikel yang terlalu panjang dan berbelit-belit itu akan menjadi sia-sia. Pembukaan yang singkat dan jelas mewakili dari isi artikel sobat itu mungkin sudah cukup. (Baca Dampak Jarang Update Artikel Blog)

4. Menggunakan Batas Paragraf

Yang kelima ini pasti jarang digunakan oleh blogger yang baru membuat blog,yaitu Menulis artikel tanpa adanya batas paragraf atau batas paragraf yang terlalu panjang. Tanpa disadari itu juga menjadi penyebab pengunjung cepat bosan ketika sedang membaca,karena paragraf yang panjang tersebut akan membuat pengunjung bingung dan bahkan bisa lupa membaca sudah sampai mana.

Dengan membatasi paragraf menjadi 20 sampai 60 kata perparagraf,itu akan membuat lebih nyaman ketika membaca karena memiliki jeda antar paragraf. Dan sobat juga dapat belajar di blog lain dan membaca suatu artikel.

Buatlah suatu perbandingan kecil antara artikel yang memiliki batas paragraf yang panjang bahkan tidak ada paragraf, lalu bandingkan dengan artikel menggunakan batas paragraf tidak terlalu panjang. Lebih nyaman enak dibaca yang mana dari dua artikel tersebut. (Baca Cara Membuat Judul Postingan Yang Benar)

5. Subheading dan Bullet Point

Cara kelima ini adalah membantu pengunjung untuk menemukan point-point penting dari artikel yang sobat buat seperti Penggunaan Subheading sebagai Judul kecil pembukaan Point Paragraf baru dan Penggunaan Bullet Point juga berperan penting dalam suatu artikel,ketika artikel tersebut memiliki point penting seperti Contoh-contoh dari topik. Bertujuan sama seperti Cara ke empat,yaitu agar pengunjung tidak bingung dan bosan membaca.

6. Menggunakan Media Pendukung

Media pendukung yang dimaksud ini adalah berupa gambar,karena gambar merupakan media pendukung yang ringan untuk loading kecepatan halaman. Memberikan gambar disetiap artikel atau disetiap Heading adalah membantu pengunjung sobat memahami secara sekilas apa yang akan dipelajari selanjutnya melalui gambar agar tertarik untuk tetap membaca.

7. Membaca Ulang Sebelum di Publish

Pastikan lagi kalau artikal yang sobat tulis tersebut sudah benar dan siap untuk di publlikasikan dengan membaca ulang kembali tulisan sobat. Cara ini bertujuan untuk memastikan kembali tidak ada kata,huruf dan kalimat yang salah, bahkan untuk memastikan juga kalau tidak ada informasi yang kurang.

Kesimpulan Dari Mas Rinaldo :

Menulis artikel ini memang suatu kegiatan antara sulit dan tidak sulit kalau sobat sudah terbiasa membuat postingan dan sering membaca di Blog lain,serta memperhatikan bagaimana artikel tersebut bisa menjadi nyaman,enak dan mudah dipahami dengan singkat dan jelas oleh pengunjung maupun Blogger lain.

Demikian Artikel mengenai "Bagaimana Cara Blogger Menulis Artikel Yang Berkualitas dan Baik" dari masrinaldo.com dan semoga bermanfaat membantu sobat.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post