Lima Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Selesai Membuat Blog

Lima Hal Yang Harus Di Perhatikan Setelah Selesai Membuat Blog untuk Blogger Pemula
Didunia Blog sebenarnya begitu banyak yang harus diperhatikan dan dipelajari,mulai dari membuat blog sampai mendatangkan pengunjung yang banyak. Tetapi kalau dijelaskan semua satu persatu dengan detail,pasti akan sobat sendiri akan bingung dan segera lupa karena terlalu banyak yang harus diperhatikan. Setelah membuat blog,bukan berarti perjuangan untuk belajar mengenai blog sampai disitu saja.

Untuk sobat yang baru mengenal dunia Blog,jangan terlalu jauh dulu untuk belajar seputar Seo Backlink dan lain-lain. Itu ilmu yang terlalu jauh bagi seorang Blogger pemula,sedangkan sobat belum mengetahui dasar-dasar apa saja yang harus diperhatikan setelah selesai membuat Blog agar dapat mengelola Blog lebih jauh lagi.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Selesai Membuat Blog


Sebelumnya saya sudah memposting tutorial Cara Membuat Blog Pribadi Untuk Pemula serta fungsi setiap menu yang ada di dasbord Blogger sobat dan hal ini merupakan sesuatu yang sering terlewatkan jika sobat belajar otodidak dari Google,karena yang ada dipikirannya itu "Alhamdulilah jadi juga Blog gue,mudah bener buatnya" Pamer di Sosial Media Facebook "Lumayan Untuk Pemula" (Boleh ketawa ga sih :V). Sedangkan perjalanan belajar belum selesai,masih ada langkah selanjutnya sepert :

1. Mengganti Template atau Thema Blog

Merubah tampilan Blog sobat adalah langkah pertama yang harus dilakukan setelah selesai membuat blog. Karena tampilan ini menjadi hal yang penting untuk menjaga pengunjung tidak pergi dan pengunjung tidak menjadi bosan ketika sedang membaca dari postingan sobat baik itu di Dekstop (Komputer Laptop) maupun di Handphone.

Kita hidup semuanya hampir bisa di dapatkan dan cari dengan handphone berbasis android. Jadi gunakan Template Responsive untuk Blog sobat,agar tampilan tidak berantakan meskipun halaman atau blog dibuka dari android dan Komputer. Ditambah lagi ditahun 2019 ini,Google menganjurkan untuk menggunakan Template Responsive Mobile Friendly atau mementingkan untuk pengguna Android.

Sobat bisa mendapatkan Template Responsive tersebut dengan mencarinya di google dan rata-rata template yang tersedia di google pasti responsive baik itu Template berbayar dan sampai template Gratis. Cukup Mengetik di google "Download Template Responsive Blogger",maka sobat akan disajikan berbagai template dari berbagai Blog.

2. Merapihkan dan Menggunakan Navigasi

Setelah selesai mengganti dan menggunakan template baru. Sobat juga harus memperhatikan hal yang kedua ini,yaitu merapihkan dan menggunakan navigasi di blog. Untuk sobat yang belum mengetahui dan baru mengenal Blog, Navigasi ini berguna untuk memudahkan pengunjung dalam mencari informasi lainnya dan menjangkau Blog sobat lebih dalam lagi.

Gunakan navigasi yang sering digunakan seperti blog lainnya,diantaranya adalah :
  • Popular Post : Menampilkan Postingan Yang Paling Banyak dikunjungi.
  • Kategori atau Label Postingan : Menampilkan Kategori dari setiap Postingan.
  • Recent Post : Menampilkan Postingan terbaru
  • Navigasi Menu : Menu Alternatif dari Label yang berada dibawah Judul Blog
  • Follow Blog : Menampilkan navigasi untuk bisa mengikuti Blog melalui Email.
Biasanya blog yang baru mengganti template,navigasi bawaan template baru dan navigasi ditambahkan manual itu akan berantakan. Entah itu navigasi menjadi double sampai letaknya tidak beraturan. Jadi sobat harus merapihkan manual dan membuang navigasi yang tidak diperlukan.
Note : Pastikan kembali semua navigasi yang ada diblog sobat itu berfungsi dengan baik, tidak ada yang ketika diklik akan kembali ke menu utama Hompage atau tidak berfuungsi.

3. Membuat Halaman Statis

Halaman statistik adalah halaman berupa persyaratan dan ketentuan dari Blog sobat sampai pernnyataan Hak Cipta. Halaman statis juga berperan penting untuk membantu ketika sobat mendaftarkan Blog ke Googl Adsense (Baca Persiapan Blog Untuk Daftar Google Adsense).

Halaman statis juga termasuk bagian dari navigasi yang berisi informasi detail atau biasa disebut Menu Tentang dari Blog seperti :
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Term of Service (TOC)
  • Sitemap
  • Form Contact
  • About (Tentang Saya atau Blog)
Beberapa halaman tersebut pasti ada disetiap Blog kalau sobat perhatikan jika mengunjungi salah satu Blog terkenal,seperti masrinaldo.com. (Baca Cara Membuat Halaman Statis Privacy Policy,Disclaimer dan TOC Dengan Mudah)

4. Membuat dan Menerbitkan Artikel

Membuat dan menerbitkan artikel adalah suatu kegiatan Blogging yang harus dilakukan setelah selesai membuat blog,untuk pemula dan sampai Blogger senior. Karena artikel yang di publikasikan (Postingan) adalah nyawa dari sebuah Blog agar tetap terawat dan tetap bagus di pencarian Google.
Note : Jangan sampai sobat melanggar peraturan dan kebijakan google untuk membuat konten,seperti dilarang membuat konten kekerasan, Konten Sara, Konten Pencurian karya seseorang dan lain-lain.

Karena jika tidak ada postingan atau artikel itu bukan Blog namanya,tetapi itu website yang sudah dioptimasi dari awal oleh pakar Digital Marketing. Meskipun Blog sobat berisi curhatan atau pengalaman Pribadi,pasti nanti akan ada yang membaca dan mengunjungi Blog sobat.

Untuk sobat yang baru belajar Blogging atau membuat sebuah artikel,jangan terlalu mementingkan pengunjung dulu ya. Tetapi tingkatkan kualitas artikel yang sobat buat sudah benar dan baik atau belum, ketika dibaca pengunjung dan sobat juga harus sering mengunjungi Blog lain untuk belajar susunan dan artikel yang berkualitas itu bagaimana. (Baca Cara Menulis Artikel Blog Yang Berkualitas dan Baik)

5. Mendaftarkan dan Submit Webmaster

Dan yang terakhir yang harus dilakukan setelah selesai membuat Blog adalah mendaftarkan Blog ke Webmaster Google bernama Search Console dan Submit URL dari postingan yang sudah sobat buat sebelumnya dan seterusnya. Hal ini berguna untuk meminta google agar segera melakukan pengindexan untuk URL atau link yang disubmit tanpa harus menunggu perayapan Google datang sendiri.
Note : Sekilas Pengertian Indexing adalah proses perayapan suatu Blog atau Url agar tampil di mesin pencarian.
Untuk Cara Mendaftarkan dan Sumbit Webmaster akan dibahas postingan selanjutnya ya sobat.

Kesimpulan Dari Mas Rinaldo :

Untuk sobat yang baru belajar dan mengenal dunia Blogging,sebaiknya pelajari langkah demi langkah berawal dari dasar pembelajaran Blogger. Seperti yang sudah dibahas diatas, yaitu 5 Hal Yang harus diperhatikan Setelah Selesai Membuat Blog agar sobat dapat belajar langkah selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung di Blog Mas Rinaldo.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post