7 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Walaupun Artikel Banyak

10 penyebab blog sepi pengunjung walaupun banyak artikel
7 Faktor Penyebab Blog Sepi Pengunjung Berikut Ulasannya - Sobat baru memulai Blogging? Dan Kecewa dengan traffic visitor di Dasbord Blogger? Itu adalah tantangan awal sobat ketika awal membuat Blog, tentunya hal itu 100% dijamin dialami setiap Blogger. Baik itu Blogger sukses, Senior sampai Blogger Profesional. Sedangkan sepi atau ramainya pengunjung itu yang membuat sobat menjadi semangat untuk membuat artikel banyak, maka tidak heran jika sobat mencari cara mengatasi blog sepi pengunjung tersebut.

Tidak ada yang orang sukses tanpa merasakan susahnya untuk meraih kesuksesan, jadi untuk sobat yang baru memulai dan membuat Blog jangan menyerah untuk menjadi seorang Blogger. Karena cobaan awal yang harus sobat terima adalah pengunjung masih bisa dihitung dengan jari dalam sehari.

Penyebab Blog Sepi dari Pengunjung Walaupun Artikel Banyak

Sobat sudah melakukan berbagai cara optimasi yang sudah disarankan dari Blog lain, tetapi belum dapat mengatasi sepinya pengunjung walaupun sudah posting banyak artikel. Berikut 10 Penyebab menjadi faktor masalah tersebut.

1. Blog Masih Baru di Bangun

Saya pernah mendapatkan sebuah masukan dari Blogger senior atau dari komunitas pun saya mendapatkan masukan yang sama. Pengunjung akan terlihat mulai terlihat ramai ketika Blog sudah berumur lebih dari 3 Bulan dengan syarat Blog tersebut harus tetap terawat.

Karena Google membutuhkan waktu lama untuk memahami struktur dari setiap postingan dan Struktur Blog. Konten apa saja yang dibahas Blog, Tingkat kualitas postingan dan Nilai Optimasi dari Blog sobat. Dan cara mengatasi hal tersebut, langkah awalnya adalah dengan selalu update artikel secara Rutin.

2. Template Tidak Seo dan Responsive

Google selalu memperbarui algoritmanya untuk terus meningkatkan kenyamanan pengguna mesin pencarian, salah satunya adalah pada tahun 2019 ini google membuat salah satu Algoritma bernama Mobile First Indexing. Dimana google akan lebih mementingkan Blog atau Postingan yang benar-benar mendukung dengan berbagai perangkat Mobile (Smartphone).

Karena smartphone semakin canggih, jadi tidak heran pengunjung banyak menggunakan smartphone untuk mencari informasi di mesin pencarian dan pengunjung tersebut membuka Blog sobat. Tetapi tampilan Blog tidak mendukung perangkat Mobile seperti tampilan menjadi berantakan. Tentunya pengunjung tersebut kecewa lalu meninggalkan Blog.

Nilai Seo (Search Engine Optmazation) template juga bisa menjadi penyebab lainnya. Karena sudah banyak melakukan penelitian untuk mencari perbedaan menggunakan template seo dengan template tidak seo. Dan hasilnya memang terbukti sangat berpengaruh untuk traffic pengunjung, ada yang sudah mengganti template Blog tetapi pengunjung menjadi menurun. Ada yang mengganti template lebih seo dan pengunjung menjadi meningkat dari sebelumnya.

Sobat bisa menggunakan dan mendapatkan Template Seo Responsive GRATIS dengan tampilan tidak pasaran bernama Material X2 atau sobat bisa mendapatkan template lainnya pada Rekomendasi Tempat Mendapatkan Template Seo Responsive Gratis dan Premium.

3. Kecepatan Loading Blog

Kecepatan ideal suatu Blog adalah 3-4 detik, lebih dari itu Blog dapat dikatakan termasuk Blog berat. Tidak semua pengunjung memiliki kesabaran yang sama dan ingin menunggu lama untuk mendapatkan informasi yang dia cari. Termasuk mas rinaldo ketika berkunjung ke suatu Blog atau website, tetapi Blog lama terbuka dan saya pun menutup Blog tersebut.

Untuk blog yang sudah memiliki pengunjung ramai, mungkin tidak terlalu mementingkan kecepatan loading Blog. Hal ini tidak disaran untuk Blog baru dibuat berumur beberapa hari, minggu sampai baru beberapa bulan. Walaupun sobat pernah mendengar kata-kata (Konten itu adalah raja), tetapi sobat harus tetap mementingkan kecepatan Blog.

Semakin cepat Blog maka pengunjung dan Google pun akan semakin suka dengan Blog sobat. Untuk mengecek kecepatan loading, bisa menggunakan Tools dari Google yaitu Page Speed Insight usahakan Skor pada PageSpeed Insight minimal berwarna kuning atau skor diatas 80.

4. Judul Tidak Unik Menarik

Judul adalah sebuah gerbang utama dari sebuah postingan untuk menarik pengunjung baik di mesin pencarian atau dari Blog itu sendiri. Untuk orang baru memulai membuat Blog dan menerbitkan postingan tanpa mengetahui teknik dasar untuk membuat judul ini yang sering menjadi penyebab blog sepi pengunjung.

Bayangkan jika saya sobat menjadi pengunjung mencari sebuah artikel mengenai cara postingan terindex dan saya hanya membuat judul seperti "Postingan saya terindex" dan ada Blog lain memiliki postingan membahas pokok yang sama. Tetapi membuat judul seperti "Cara Postingan Cepat Terindex Dalam 2 Menit". Tentunya sobat akan memilih judul yang kedua bukan.

Jadi buatlah judul yang semenarik mungkin, agar pengunjung tertarik penasaran untuk membaca artikel sobat dan pastikan juga untuk sobat tidak salah ketika membuat judul sebuah postingan (Baca Cara Membuat Judul Postingan Yang Benar).

5. Kualitas Postingan

Tingkat kualitas postingan dapat dilihat dari jumlah kata pada postingan itu. Pada umumnya postingan harus memiliki kata minimal 300 kata dan lebih di sarankan untuk lebih dari 300 kata. Semakin banyak jumlah kosa kata pada postingan, maka akan semakin tinggi tingkat kualitas artikel tersebut, dengan jumlah mulai dari 300 hingga 100 kosa kata.

Dan bukan berarti sobat harus memaksakan jumlah kata postingan sobat dengan mengulang-ulang pembahasan yang menjadi berputar-putar dan membuat pengunjung bosan lalu meninggalkan Blog sobat.

Tingkat banyaknya kosa kata yang sedang itu adalah 500-700 dengan pembahasan yang jelas, lengkap dan mudah dipahami untuk mendapatkan postingan berkualitas tinggi.

6. Jarang Posting Artikel

Bisa dibilang dan banyak Blogger mengatakan bahwa, Nyawa dari sebuah Blog adalah Postingan. Karena jika sobat malas-malasan dan jarang memposting sebuah artikel. Maka Blog sobat akan terbenam dilangkahi dengan Blog yang lebih rajin dari Blog karena kehilangan SERP di mesin pencarian Google.

Sobat tidak perlu banyak-banyak membuat postingan dalam sehari, cukup perhari 1 postingan saja sudah cukup atau dua hari sekali juga banyak yang menyarankan untuk membuat postingan yang berkualitas. (Baca Dampak Jarang Update Artikel di Blog)

7. Postingan Tidak Terindex

Sobat sudah membuat banyak artikel dan mempublikasikan langsung di Blog. Meskipun sobat sudah mempublikasikan postingan tersebut, bukan berarti sobat tinggal menunggu saja tanpa melakukan tindakan lanjutan setelah memposting artikel. Tetapi sobat juga harus melakukan Submit ke Webmaster Google Search Console untuk meminta melakukan pengindexan setiap artikel yang sudah di posting. (Baca Cara Daftar dan Submit Google Search Console Lengkap)

Memang tanpa sobat melakukan Submit ke Webmaster, postingan tersebut akan terindex dengan sendirinya. Tetapi waktu pengindexan dan terindexnya postingan tersebut tidak dapat ditentukan berapa lama proses tersebut. (Baca Cara Mengecek Postingan Sudahh Terindex atau Belum).

Kesimpulan Dari Mas Rinaldo :

Untuk sobat yang baru memulai membangun Blog, sebaiknya untuk sabar dan tetap membuat postingan seperti biasa dengan disisipi ilmu optimasi lainnya untuk meningkatkan pengunjung Blog menggunakan cara benar.

Tidak ada cara instan untuk mencapai kesuksesan dan Blogger sukses juga pasti awal membuat Blog memiliki pengunjung, mencari cara mengatasi hingga belajar optimasi Blog.

Demikian artikel mengenai "7 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Walaupun Artikel Banyak" dapat membantu sobat agar tetap bersabar.

Artikel Terkait

0Comments

Previous Post Next Post